#AkuJalanJalanLoh Ke Sumba Sama Food Blogger/Radio Announcer/Ketua Geng Berandal Depok~~~ Day 1

Sebelum membaca cerita tentang trip gw di Sumba Barat Daya ini alangkah baiknya kalian pencet play dulu lagu soundtrack dari trip gw dan temen-temen gw di Sumba! AMERICAN AUTHORS - BEST DAY OF MY LIFE!

Awalnya gw berpikir bahwa temen-temen gw yang notabenya adalah food blogger - mereka semua mao cipua-in (baca: boong, speak speak) gw kalo mereka emang pengen ikut pergi open trip gw ke Sumba.
Siapa aja food blogger yang ikut open trip gw ke Sumba ini?
Mereka adalah @Makanterusss @Gedeinperut @Bikingendut @cnlulaby dan @Sinond - gw kenal mereka karena gw ikut #TantanganSambalABC season 2, mereka adalah saingan gw kecuali si kudil @Makanterusss, doi adalah teman seperjuangan #Teambiru
@Nonafeli - sang radio announcer/DJ/Model/MC/(isi sendiri) - ketemu dia gara-gara gw sempet diundang untuk menjadi bintang tamu di acara doi di i-Radio #eaaa ngmngin tentang destinasi trip.
@Ireginas - si ketua kelompok geng motor atau geng apapun yang megang Depok, Tangerang Selatan dan sekitarnya haha.

Bentukan peserta yang ga camera ready kwkwkwkkww

Bentukan peserta yang ga camera ready kwkwkwkkww

Aseeeliiiiiiii, gw berpikir kumpulan food blogger dan @Nonafeli cuman basa basi doang mao ikut open trip gw ke Sumba, tapi ternyata apa yang gw pikirkan itu SALAH BESAR! yes SALAH BESAR! mereka super antusias mao ikut trip ini, bahkan dari sebelom gw upload all the details about the trip to this web, mereka yang maksa minta cepetan buat dapetin details itin terutama si nona super yang harus serba tau semua detail - Ratna alias @Sinond! haha

Asoka Remadja AkuJalanJalanLoh Sumba Barat Daya Blog

Dari awal ketemu sama mereka, gw yakin bakal banyak banget kejadian yang super duper eek yang bakal bikin ngakak, bikin pipi sakit dan perut melilit dan TERBUKTI, baru hari pertama, di bandara Ngurah Rai Bali, kita semua udah sampe bandara dari jam 9 pagi dan flight kita jam 10.20 namun dikarenakan selalu pindah gate dan keasikan ngobrol, kita semua hampir KETINGGALAN PESAWAT - itupun satu dari kita semua ga ada yang sadar sampe gw tanya ke gate dan kata bapak penjaga gate semua udah masuk, kita langsung lari ke pesawat! HA HA HA, super LOL dan super ngakak, baru ketemu dan semuanya D O D O L! HAHA love you guys!

Oooooh kami semua bakal selama 4 hari 3 malam explore Sumba, mulai dari Sumba Barat Daya sampe Sumba Timur - rutenya, Jakarta - Bali - Waikabubak/Tambolaka.
Destinasi pertama kami setelah pesawat menapakan rodanya di landasan bandara adalah Danau Weekuri.

1. Danau Weekuri => klik ini buat liat gallery-nya!

ASLI, liat mereka semua kegirangan pas ngeliat danau ini membuat diri ini super bahagia,
kalo kata Erwin @Bikingendut "bagus abis, bagus abis" berulang kali ngomong kaya gitu,  
kalo kata Andre @makanterusss "gila ko, gw ga nyesel ikut ke Sumba" padahal baru destinasi pertama, tapi diri ini sangat maklum, ini kali pertama doi doi menjajakan kakinya keluar pulau dan langsung memilih Sumba dan bersama Asoka Remadja pula, satu kata buat nyimpulin adalah PERFECT, yakin dah mereka berdua setuju haha.
Cindy - @Cnlulaby yang gw pikir bakalan duduk doang berteduh dibawah pohon atau ddidalam mobil ternyata engga, dia hanyalah satu-satunya orang yang berkeliling muterin satu danau, dengan dalih ga mao berkelompok sama kita tapi mau main sama warga lokal, ohhh im so proud of you my friend kiss kiss.
Beda lagi sama Feli - @Nonafeli, Rere @Ireginas dan Ratna - @Sinond yang selalu nyari spot bagus buat foto-foto dan berlenggak-lenggok didepan kamera bak model papan atas, haha
Pokoknya, melihat mereka sibuk dengan kesibukanya masing-masing, gw super seneng!

Tapi emang Danau Weekuri ini super bagus, apalagi pas kita dateng pas air lagi pasang, jadi warna biru tosca, pasir putih semua terlihat jelas, jangan sampe dah pas dateng lagi surut, yang ada kaya ngeliat danau kering, hehe

Destinasi kedua Desa Adat Ratenggaro - klik ini juga buat liat gallery-nyak!

Selesai dari danau Weekuri, kami semua langsung bergegas menuju tempat selanjutnya yaitu desa adat Ratenggaro, desa yang terkenal dengan rumah adatnya yang super eye catchy dikarenakan atapnya yang terlihat seperti menjulang ke langit haha!
Desa ini bagus tapi sedih, semuanya udah money oriented mulai dari anak kecil sampe orang dewasa, begitu turun semua langsung bilang "ka kasih saya duit kak, duit" huhu - tapi tenang semua orang yang ikut trip ini udah gw kasih tau, kalau jangan pernah kasih duit, ke siapapun, melainkan kasih aja permen atau coklat, DAN kasihpun jangan ke anak-anaknya langsung tapi ke orang dewasa, kalau engga, mereka akan baku hantam! PERCAYA, anak-anak disitu super fisik mainya! HAHA

Asoka-Remadja-AkuJalanJalanLoh-Sumba-Barat-Daya-Blog-

Tempat foto bersama yang FENOMENAL! bagaimana engga, tempat diatas adalah kuburan, awalnya ragu untuk naik ke atas kuburan, tadinya kami semua berpikir untuk dibawah saja, namun warga disana yang memaksa untuk naik aja ke atas, biar fotonya bagus,,, krik...krikkk...tapi karena dipaksa yaudah kita naek..he he he
TAPI diantara semua batu ada satu batu yang ga boleh diinjek, jadi guys, kalau kesana, jangan sembarangan injek kuburan batunya ,lebih baik bertanya, mana yang boleh dan mana yang tidak! 
DAN, fun fact mengenai kuburan yang ada di Sumba, selama ini kuburan yang kita tau kan letaknya ada di area yang emang disiapkan untuk orang dikubur, nah kalau di Sumba beda, kuburan biasanya terletak di depan rumah tinggal,,, antara terlalu sayang atau apa ya,,,hmmmm driver kami, bang Yanto bilang, "disini kuburan biasanya dipake buat pacaran bang, buat main kartu atau buat ngobrol!" JENG JENG! super cringe worthy! haha
Intinya gengs, sebelom menginjak atau nanjak atau berkunjung ke sebuah tempat, lebih baik kita bertanya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat itu, karena BAHAYA banget kalo kita ignore tata krama dari sebuah desa.

Destinasi ketiga, Pantai Bawana klik ini juga buat liat gallery-nyak!

Setelah selesai bersenang-senang dan bercengkrama dengan warga lokal di Desa Ratenggaro, saatnya kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bawana untuk melihat matahari terbenam kedalam laut,,,akan tetapi,,,dikarenakan,,,mepetnya waktu, akhirnya kami kehilangan GOLDEN SUNRISE!!! ASLI!!!! saat perjalanan gw ngeliat matahari udah bulet segede kuning telor asin yang berwarna orange mulai turun, dalam hati gw berdoa supaya waktu agak diperlama, tapi huhuhu siapalah saya, mana bisa mengendalikan waktu, saat sampe ke Pantai Bawana mataharinya udah ilang huhu kami semua sedih tapi berkat kemampuan Calvin - @Gedeinperut dalam memainkan kamera, akhirnya dapetlah itu foto yang BAGOES!!!

Nah sebenernya bang Yanto udah bilang ke kita kalau Pantai Bawana adalah daerah yang cukup serem, karena baru aja ada turis lokal yang barangnya diambil oleh warga yang tidak bertanggung jawab, 2 orang ibu kamera, tas, handphone semua diambil - tapi karena di grup kita ada Feli si wanita bertato, Rere ketua geng berandal Depok, ada Cindy si Tian Mi Mi dari Shanghai, kami semua ga takut dan memutuskan untuk pergi ke Pantai Bawana.

Cerita tentang Sumba Barat Daya, berhenti sampai disini dulu, tunggu part 2-nya fufufuf :D

Mau liat gallery dan ke Sumba kemana aja klik Sumba Barat Daya part 1 atau part 2