Air Terjun Lapopu Vs Pantai Bawana.

Melanjutkan postingan sebelumnya 4 Tempat Paling Indah Yang Terletak Di Sumba Barat Daya, kali ini gw akan membahas 2 tempat yang berelemen air namun berbeda - yang satu air asin yaitu Pantai Bawana dan yang satu lagi air tawar yaitu air terjun Lapopu.
Apakah kalian pecinta laut atau air terjun?

3. Pantai Bawana // Bawana Beach
Konon katanya Pantai Bawana sekarang adalah ikon dari Sumba Barat Daya - dikarenakan bentuk karang bolong yang super fotogenic, yang kalo diliat seperti portal menuju dunia lain.
Jalan menuju pantai Bawana ini tidak susah, hanya sedikit terjal, jadi kita harus berhati-hati saat hendak menuruni batu karang untuk bisa sampai ke bibir pantai.
 

Kelebihan dari Pantai Bawana ini adalah baik dikunjungi siang hari atau sore hari, keduanya akan memberikan pemandangan yang terbaik, gw ulang TERBAIK - waktu siang hari dan saat matahari bersinar, warna biru langit akan terlihat sangat biru, begitu pula air lautnya, birunya bisa lo liat sendiri digambar atas - dan untuk sunset juga, bagus banget mataharinya akan terbenam di ujung laut TAPI jalurnya berbeda jika ingin bermain ke bibir pantai atau melihat sunset, dan ada satu hal yang harus kalian PERHATIKAN, baca di bawah di important note!

4. Air Terjun Lapopu.
Air Terjun Lapopu berada di dalam kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka - diperlukan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota untuk kalian bisa sampai ketempat ini.

Uhhhh, Air Terjun Lapopu ini super bagus, super indah, super sepi dan super bersih, hanya ada beberapa sampah plastik ketika gw berkunjung ke air terjun ini - sekliling air terjun Lapopu adalah hutan, jadi bukanlah hal yang aneh kita kita berasa sejuk dan dingin ketika kalian berada disana - menurut warga disana waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Air Terjun Lapopu adalah pagi hari, dikarenakan waktu siang dan sore hari, air yang mengalir dari air terjun akan cenderung lebih deras.

Important note:
1. Dikarenakan lokasi Pantai Bawana adalah yang paling jauh dan dianjurkan untuk datang pada siang hari, karena sebelumnya ada korban yang kamera, dompet dan tas diambil paksa oleh warga yang tidak bertanggung jawab, jadi menurut gw, alangkah lebih baik bermain ke Pantai Bawana pada siang hari daripada hari sudah gelap,
2. Tiket masuk untuk ke pantai Bawana adalah Rp. 50.000,- per mobil
3. Tiket masuk untuk ke Air Terjun Lapopu
wisatawan asing: Rp. 150.000 -
Nusantara Rp. 5.000,-
Mobil Rp. 10.000
Motor Rp. 5.000,-

Sum up Trip ke Sumba Barat Daya:
1. Buat gw waktu yang pas untuk explore Sumba Barat Daya adalah 3 hari 2 malam, tapi kalau waktu terbatas 2 hari 1 malam juga bisa dapet semua, hanya menejemen waktu lebih diperhatikan,
2. Dikarenakan banyaknya bentuk kriminalitas, maka akan sangat disarankan untuk mengelilingi Sumba Barat Daya lebih baik menggunakan guide atau supir,
3. Driver bisa menghubungi Yanto - +6282359402941 atau dari Hotel Sinar Tambolaka (0387) 2524088  atau +62387 2524086,
4. Harga sewa mobil 750.000 - 850.000 *tergantung jenis mobil*