Seharian Berkeliling Kota Solo Makan-Makan.

Waktu gw lagi berkunjung ke kota Salatiga, tiba-tiba terpintas di otak ingin berjalan jalan ke kota Solo, karena jarak yang tidak terlalu jauh dari kota Salatiga, akhirnya gw mengajak beberapa temen gw yang udah gw anggap sebagai keluarga sendiri @Vandiangga, kakaknya dan Beni Rumihin untuk wisata kuliner di kota Solo, dan mereka ternyata bersedia nemenin gw untuk memanjakan perut ini! 
Keesokan paginya pukul 9 lebih wib, kita semua berangkat menuju kota Solo untuk berkuliner ria.

Berjalan dari kota Salatiga menuju kota Solo konon katanya ada satu tempat makanan yang ga pernah sepi pengunjung dan makananya enak dan super duper murah, woooh mendengar dua kombinasi itu enak + murah = happy me!
nama tempatnya adalah Soto Segeer Hj. Fatimah di Boyolali, dan YES, super setuju sama anggapan orang tentang tempat ini, enak dan murah! yang gw seneng dari tempat ini adalah cemilan di meja banyak banget, mulai dari usus, ati ampela, telur, bakwan, pisang, kerupuk semua ada di meja, harganya ga usah ditanya kita ber-4 menghabiskan 4 porsi soto segeer dan beberapa tusuk sate, hanya menghabisakan kisaran Rp.60.000,- amazing right! uhhhhh I just love good food with reasonable/cheap price!haha
ps: makan soto segeer, jangan lupa minta jeruk nipis, ini akan ngebuat rasa soto terasa makin segeer!
Perut kenyang, kini saatnya gw melanjutkan perjalanan ke Kota Solo. brem brem brem~~~~
 

Sampailah kami di Solo, tanpa pikir panjang melalui rekomendasi teman, tempat yang kita datengin adalah Warung Selat "Mbak Lies" - Disini dijual makanan khas Solo yang isinya terdiri dari daging, sayuran, telur dan kuah asam manis atau kuah bening. 
Waktu jalan menuju Warung Selat "Mbak Lies" gw super duper happy, karena apa? ternyata tempatnya super unik, mulai dari pajangan di dinding, bentuk meja dan bangku sampai baju pelayanya, semuanya unik banget.
Nah ngomongin masalah rasa, gw suka sama perpaduan savory dan sweet dari makanan ini, dagingnya cenderung asin tapi kuah dari makanan ini manis dan asam. For me, it worth for you guys to try!
Harga dari makanan ini kisaranya Rp. 10.000 - Rp. 25.000. 
Alamat: Serengan Gg II/ 42, Solo, Indonesia

Sehabis menyantap Selat Solo, pemberhentian selanjutnya adalah Bakso Urat Lor Patung Kuda Manahan, kita kesini juga dikarenakan rekomendasi dari temen yang konon katanya Bapak Presiden Kita Bapak Ir. H. Joko Widodo sering menyantap bakso disini, hal yang pertama gw lakuin disaat sampai ketempat ini (selain memesan) adalah bertanya apakah betul Pak Joko Widodo sering makan disini? dan jawabanya ternyata BETUL! Pak Jokowi sering makan disini setiap mengunjungi Solo, katanya.
Woooooh hati makin seneng karena ternyata gw bisa nyobain makanan favorit dari pak Jokowi di Solo, nah begitu semangkok bakso dateng, langsung tambahin sambel (gw suka pedes!) dan ya, untuk bakso yang berjualan di pingiran jalan, Bakso Urat Lor Patung Kuda Manahan terbilang cukup enak, karena rasa daging masih terasa*kadang suka skeptis sama bakso pinggiran jalan karena sering banyakan tepung daripada daging* haha
masalah harga, ga usah kaget, semangkok bakso dan segelas es teh tawar hanya berkisar Rp. 15.000 rupiah saja saudara saudara! #FixPindahKeSolo!
Alamat: Sebelah Utara Patung Kuda Manahan Solo, Indonesia

Hari masih sore, waktu masih panjang, kami berempat melakukan perjalanan mencari rumah makan yang bernama Sate Kambing "Mbok Galak" woooooooh dari namanya terdengar sangat menakutkan bukan!? GALAK! tapi ternyata semua orang yang berjualan disana SUPER DUPER RAMAH DAN BAIK! ga ada sangkut pautnya sama GALAK! haha
Gw pun memesan 3 porsi sate buntel (1 porsi isi 2) dan 1 gulai kambing, begitu sate datang, sangat terkejut dengan bentuk sate yang gendut, berbeda dengan sate biasanya kotak-kotak ini terlihat seperti sosis jumbo.
Setelah terkesima dengan bentuknya, gw langsung coba dan OH MY OH MY!!!rasanya, one of the best sate kambing yang pernah gw coba!gokil!sampe sekarang kalo ngebayangin pun, rasanya liur bisa mengalir bagaikan air terjun Sekumpul di Bali haha. Ga boong, ga kecium itu bau kambing, dagingnya super empuk, dimakan pake bawang merah! penyajianya ga cuman dikasih nasi dan kecap, melainkan dikasih irisan kol, daun jeruk, cabe rawit - ohhh Tuhan pengen lagi makan sate Buntel Mbok Galak #TakeMeBackThere! #FixPindahKeSolo
Kisaran harga makan disini Rp. 75.000,- termasuk mahal karena besarnya ukuran dari sate buntel yang cepat membuat kenyang perut.
Alamat: Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Solo, Indonesia.

Ini adalah rumah makan terakhir sebelom gw balik ke Jakarta, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli, meskipun perut udah full dari makanan makanan yang disantap seharian nonstop! waktu tau katanya nasi liwet disini super enak, entah kenapa perut seperti menyediakan ruang untuk gw menyantap nasih liwet ini!
Dan ga salah keputusan gw untuk tetep nyobain nasi liwet ini, rasanya super enak, super light ga membuat enek, padahal didalem perut udah bejibun isinya. 
Begitu nikmatnya Nasi Liwet Bu Wongso ini yang membuat banyak artis papan atas makan di tempat ini saat mereka berkunjung ke Solo.
Kisaran Harga makan di Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli adalah Rp. 10.000,- - Rp15.000,-
Alamat: Jl. Teuku Umar Keprabon, Solo, Indonesia

Overall: SANGATTTTT PUAS SAMA MAKANAN MAKANAN DI SOLO! ENAK, harganya RAMAH di kantong pula, fix kalo ada waktu senggang, I'll be back to that city again!buat memanjakan perut! 

Taken with Sony RX 100 iv.